Jualan Martabak Mini, Apa Saja Persiapannya

Saat ini peluang jualan camilan sangat banyak dan diminati, salah satunya jualan martabak mini. Martabak dengan bentuk lebih kecil dari martabak seperti ukuran biasa dengan ragam topping. Tentunya dari segi harga lebih terjangkau dan sama enaknya menikmati martabak mini dengan yang biasa. Untuk memulai usaha martabak mini pasti butuh persiapan, apa saja?

1. Siapkan Peralatan

Pada saat akan mulai jual martabak mini, hal awal yang harus dilakukan yaitu dengan mempersiapkan peralatan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti loyang, kompor, dan peralatan pendukung lainnya. Pilih kompor yang dua tungku agar lebih efisien untuk membantu membuat martabak lebih banyak.

Pastikan juga wajan khusus untuk memasak adonan martabak berkualitas tinggi. Jadi saat buat martabak tidak lengket dan hasilnya memuaskan. Beberapa peralatan ini harus dimasukkan pada modal awal untuk usaha. Dengan begitu akan memudahkan kebutuhan apa saja yang disiapkan saat berjualan martabak mini.

2. Hitung Modal Usaha

Hal selanjutnya yang disiapkan saat jualan martabak mini yaitu dengan perhitungan modal usaha. Setiap akan membuka suatu usaha, maka perlu adanya rincian yang jelas apa saja yang dibutuhkan. Dengan begitu akan terhitung berapa modal yang diperlukan saat memulai usaha martabak mini ini.

Apa saja yang dihitung? Seperti harga peralatan, sewa tempat hingga bahan-bahan yang diperlukan. Tentunya modal yang dibutuhkan ini harus sesuai dan dihitung dengan rinci untuk memudahkan perencanaan keuangan. Jadi nantinya jual martabak mini bisa dapatkan laba dari hasil jualan untuk pengembalian modal.

3. Siapkan Bahan Martabak Mini

Persiapan selanjutnya ketika akan jual martabak mini yaitu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk jualan. Apa saja? Ada berbagai bahan martabak mini, seperti tepung terigu, susu bubuk, gula, garam, soda kue dan pengembang. Juga perlu untuk buat berbagai aneka topping, meses, keju, susu cair, mentega dan sebagainya.

Popular:   Cara Mudah Usaha Minyak Goreng Home Industri Modal Minim ini Harus Dicoba

Inilah yang harus diperhatikan ketika memilih bahan-bahan, yaitu bahan yang berkualitas terbaik agar hasil martabak mini sempurna. Harga bahan-bahan tersebut juga harus disurvey mana yang lebih terjangkau. Tentunya dengan begitu bisa menghemat budget pengeluaran dan bisa lebih banyak dapatkan keuntungan.

4. Pilih Tempat Strategis

Saat jualan martabak mini, memilih tempat strategis tentu bagian persiapan yang penting dilakukan. Pasalnya tempat ini sangat berpengaruh dalam menjangkau konsumen agar lebih mengenal produk martabak mini. Misalnya saja tempat ramai seperti perkantoran, sekolah, pasar, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

Biasanya tempat strategis ini juga membuka harga yang tidak murah, maka harus dipikirkan perkiraan hitung modalnya. Jadi akan sesuai dengan pendapatan dan perhitungan sewa tempat agar lebih efektif. Tempat strategis ini akan membuka peluang baik untuk usaha martabak mini, bisa dilihat oleh banyak orang.

5. Lakukan Inovasi Unik

Persiapan lainnya saat akan mulai jual martabak mini, punya ide menarik untuk membuat tampilan martabak mini berbeda. Misalnya saja melakukan inovasi pada rasa yang bisa disajikan dengan menyesuaikan selera orang Indonesia. Ada rasa keju, durian, pandan, mocca dan sebagainnya bisa jadi sajian unik rasa baru dari martabak mini.

Selain itu pula bisa memodifikasi topping martabak mini agar tampilan semakin menarik pembeli. Berbagai topping bisa ditawarkan kepada pembeli dan berikan pilihan aneka topping pada pembeli. Jadi pembeli akan menilai dan bisa melakukan repeat order kembali.

Beberapa persiapan jualan martabak mini ini memang harus dilakukan secara totalitas. Pasalnya saat usaha dilakukan dengan serius dan ulet akan mendapatkan keuntungan. Bahkan bisa mengembangkan bisnis jual martabak mini secara berkelanjutan.

News Feed